cover
Contact Name
Kasnowo
Contact Email
bismanfe18@gmail.com
Phone
+6285228771555
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Majapahit, Mojokerto, Indonesia Jl. Raya Jabon, Km. 0,7 Mojokerto, Tlp/Fax (0321) 399474, Gd. Andalusia, Lt.2
Location
Kab. mojokerto,
Jawa timur
INDONESIA
Bisman (Bisnis dan Manajemen): The Journal of Business and Management
ISSN : 26147734     EISSN : 26146592     DOI : -
Bisman (Bisnis dan Manajemen): The Journal of Business and Management, is an electronic scientific journal published online twice per year or once per semester in February and August. Bisman (Bisnis dan Manajemen): The Journal of Business and Management has been rewarded e-ISSN 2614-6592 since 2018, otherwise printed ISSN 2614-7734. Bisman (Bisnis dan Manajemen): The Journal of Business and Management aims to improve the quality of science and channel the interest of sharing and dissemination of knowledge and business for scholars, students, practitioners, and the observer of science in Management. Bisman (Bisnis dan Manajemen): The Journal of Business and Management accepts the results of studies and research articles which have not been published in other media. Bisman (Bisnis dan Manajemen): The Journal of Business and Management is published by The Management Department of Economic Faculty in Universitas Islam Majapahit in collaboration with Aliansi Pengelola Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia (ALJEBI).
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 1 (2019): Februari 2019" : 7 Documents clear
PENYAJIAN LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DESA STUDI PADA PEMERINTAH DESA BAWAK KECAMATAN CAWAS KABUPATEN KLATEN Sapto Warsi, Diah Aryanti; Handayani, Handayani
Bisman (Bisnis dan Manajemen): The Journal of Business and Management Vol 2 No 1 (2019): Februari 2019
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Majapahit, Jawa Timur, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (293.091 KB)

Abstract

This research is meant to find out the presentation of financial statement of Bawak village,Cawas Sub-district, Klaten  district in 2016 has been presented in accordance with the PERMENDAGRI No. 113 of 2014 about the Financial Management of the village.The research method has been carried out by using descriptive research method and qualitative approach. The data has been conducted by using primary and secondary data as the sources. The primary data has been obtained from the interview which is relevant to the presentation of financial statement. It has been found from the result of this research that the presentation of financial statement of Bawak village is based on the PERMENDAGRI No. 113 of 2014 which shows the accountable and transparent implementation which can be reviewed from the responsibility statement of village government budget (APBDesa).
ANALISIS KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA DESA DALAM PENGELOLAAN BADAN USAHA MILIK DESA: STUDI KASUS BUMDES PANGGUNG LESTARI, BANTUL Yudanto, Ambang Aries
Bisman (Bisnis dan Manajemen): The Journal of Business and Management Vol 2 No 1 (2019): Februari 2019
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Majapahit, Jawa Timur, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (499.212 KB)

Abstract

Kepemimpinan transformasional menjadi topik yang menarik dalam pengelolaan organisasi baik public maupun privat. Kepemimpinan trasnformasional terdiri dari 4(empat) aspek, yaitu Idealized Influence, Inspirational Motivation, Intelectual Stimulation, dan Individualized Consideration. Di dalam segala bentuk organisasi, menuntut peran seorang pemimpin transformasional dalam menentukan arah dan tujuan organisasi tersebut, tak terkecuali Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). BUMDes merupakan entitas organisasi yang muncul setelah terbit UU no 6/2014 tentang Desa. BUMDes merupakan Badan Usaha yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki Desa dan bertujuan untuk sebesar-besarnya kesejahteraan masyarakat desa. Salah satu BUMDes yang ada di Indonesia adalah BUMDes Panggung Lestari, Desa Panggungharjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini mencoba untuk mengeksplorasi penerapan kepemimpinan transformasional dari Kepala Desa Panggungharjo dalam pengelolaan BUMDes Panggung Lestari. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa dari Kepala Desa Panggungharjo telah mampu menunjukkan pola Kepemimpinan transformasional di dalam pengelolaan BUMDes tersebut. Namun perlu juga digarisbawahi, bahwa secara formal dan legal, kepemimpinan transformasional telah dipersyaratkan bagi para calon Kepala Desa sebelum mereka menduduki jabatannya. 
ANALISIS DAMPAK FRAMING IKLAN TERHADAP PENGUNJUNG WARKOP ANGKRINGAN BERBASIS INTERNET (WIFI) DI KAB. MOJOKERTO) Hidayat, M. Syamsul; Isnaini, Nurdiana Fitri
Bisman (Bisnis dan Manajemen): The Journal of Business and Management Vol 2 No 1 (2019): Februari 2019
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Majapahit, Jawa Timur, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (381.748 KB)

Abstract

Dalam  penelitian ini  tujuannya adalah mengetahui dampak framing iklan yang disajikan oleh pemasar UMKM warkop angkringan pada setiap individu atau pengunjung dengan berbasis internet (wifi)), sedangkan target khusus adalah : untuk mengetahui dan menganalisis (1) apakah  framing iklan yang dibentuk oleh para pemasar (UMKM warkop angkringan) akan memberikan benefit bagi pengunjungnya. (2) apa keuntungan warkop angkringan berbasis internet (wifi) dan bagaimana cara mempertahankan loyalitas pengunjung  warkop angkringan berbasis internet, adanya informasi tersebut dapat digunakan untuk membenahi strategi pemasaran UMKM warkop angkringan berbasis internet (wifi) di Kab. Mojokerto.               Penelitian ini merupakan eksploratory research.yang bertujuan untuk mengetahui  dampak framing iklan yang dibentuk oleh para pemasar (UMKM warkop angkringan) 1)akan memberikan benefit Manfaat bagi pengunjung Warkop, (2) mengetahui manfaat  bagi UMKM warkop angkringan berbasis internet (wifi) dan apa strategiwarkop dalam mempertahankan loyalitas pengunjung. Warkop angkringan berbasis internet (wifi) di Kab. Mojokerto. Proses penelitian dilakukan secara terstruktur dan menggunakan sampel dalam jumlah yang kecil. Wawancara/interview dilakukan secara open ended agar diperoleh informasi yang lengkap dari para partisipan. Teknik analisis dilakukan secara diskriptif, sesuai dengan tahapan dan pengelompokan bentuk informasi yang sudah ditentukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwabenefit bagi pengunjung warkop(konsumen) antara lain adalah a)Internet Gratis b). Istarahat/Santai c).Kumpul-Kumpul Dengan Rekan Kerja d). Menyelesaikan tugas Kantor.Sedangkan Keuntungan yang di peroleh oleh pemilik Warkop angkringan berbasis internet (Wifi) yaitu antara lain:((a).Usaha Warkop angkringan berbasis internet (Wifi) tidak memerlukan adanya ketrampilan yang tinggi yang memerlukan tingkat pendidikan formal ataupun yang sejenisnya,(b) Usaha Warkop angkringan berbasis internet (Wifi) juga tidak memerlukan adanya modal yang terlalu besar.Oleh kare usaha ini tergantung pada skala usaha.Dimana pada umumnya tempat usaha merupakan sewa.(c). Pendapatan yang di peroleh cukuplumayan,(d). Adanya tingkat resiko yang rendah yang di miliki oleh para pemilik Warkop Warkop angkringan berbasis internet (Wifi) merupakan alasan dan keuntungan yang di peroleh.Dimana menu  yang di perjualbelikan umunya adalah anaeka minuman serta makanan ringan.
Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah Bank Pengguna E-Banking Basri, Anindita Imam
Bisman (Bisnis dan Manajemen): The Journal of Business and Management Vol 2 No 1 (2019): Februari 2019
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Majapahit, Jawa Timur, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (517.503 KB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah Untuk mengetahui pengaruh dimensi kualitas pelayanan e-banking terhadap kepuasan nasabah, pengaruh kepuasan dalam penggunaan pelayanan e-banking terhadap loyalitas nasabah dan pengaruh dimensi kualitas pelayanan e-banking terhadap loyalitas nasabah. Pada penelitian ini, objek penelitian dilakukan di Kota Yogyakarta. Penelitian ini ditujukan untuk pengaruh dimensi kualitas layanan terhadap kepuasan dan loyalitas nasabah bank pengguna e-banking. Sedangkan untuk subjek penelitiannya adalah semua nasabah perbankan yang minimal telah menggunakan e-banking berupa sms banking, call banking, ATM, dan internet banking.  Populasi dalam penelitian ini adalah semua nasabah perbankan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 200 nasabah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner. Analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis SEM (Structural Equation Modeling). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari enam arah yang dihipotesiskan dalam penelitian ini semuanya signifikan. Tabel di bawah ini menunjukkan ringkasan uji hipotesis dan level signifikansi dari masing-masing arahan yang dihipotesiskan. Kualitas layanan berpengaruh terhadap Kepuasan dan Loyalitas. Dapat diartikan bahwa semakin meningkatnya Kualitas layanan maka akan berdampak pada semakin meningkatnya Kepuasan dan Loyalitas pada para nasabah pengguna layanan e-banking. Kepuasan berpengaruh terhadap Loyalitas. Dapat diartikan bahwa semakin meningkatnya Kepuasan maka akan berdampak pada semakin meningkatnya Loyalitas pada para nasabah pengguna layanan e-banking. Hasil penelitian ini semakin memperkuat hasil penelitian-penelitian sebelumnya, bahwa kualitas layanan e-banking dalam perbankan mampu memberikan kepuasan tersendiri terhadap para nasabah sehingga mampu menciptakan loyalitas yang tinggi.
PENGARUH PENINGKATAN JUMLAH KEPEMILIKAN KENDARAAN BERMOTOR TERHADAP KUALITAS LAYANAN SAMSAT kasnowo, kaswono; Ainiyah, Nur
Bisman (Bisnis dan Manajemen): The Journal of Business and Management Vol 2 No 1 (2019): Februari 2019
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Majapahit, Jawa Timur, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (226.295 KB)

Abstract

Kualitas layanan SAMSAT ditentukan oleh penyedia layanan yang harus dilayani dengan baik, karena pelayanan publik merupakan penyedia layanan kepada masyarakat. Oleh karena itu, peningkatan fasilitas layanan SAMSAT bagi masyarakat pemilik kendaraan bermotor menjadi tujuan utama dalam penelitia ini, sedangkan target khusus adalah mengetahui dan mengkaji mengapa melakukan komplain, cara melakukan komplain dan alternatif melakukan komplain bagi pemilik kendaraan bermotor.             Penelitian ini merupakan eksploratory research, dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif dilakukan untuk mengetahui dan menganalisis mengapa pemilik kendaraan bermotor melakukan komplain, bagaimana pemilik kendaraan bermotor melakukan komplain dan bagaimana pemilik kendaraan bermotor melakukan alternatf komplain.             Proses penelitian dilakukan secara terstruktur dan menggunakan sampel dalam jumlah yang kecil. Wawancara dilakukan open ended agar diperoleh informasi yang lengkap dari para partispan. 
Implementation of the Moyo Festival on Increasing the Regional Original Income of the Sumbawa District Imamah, Fathnun; Saputra, Didin Hadi
Bisman (Bisnis dan Manajemen): The Journal of Business and Management Vol 2 No 1 (2019): Februari 2019
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Majapahit, Jawa Timur, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (275.651 KB)

Abstract

Festival Moyo merupakan salah satu program visit Lombok Sumbawa. Tujuan di adakannya festival ini sebagai ajang promosi destinasi wisata dan budaya sekaligus menarik wisatawan agar mengenal lebih dekat dengan pulau Sumbawa. Festival Moyo selalu dimeriahkan dengan parade budaya yang menampilkan berbagai warisan seni dan budaya masyarakat adat Sumbawa dan setiap tahunnya selalu hadir dengan tema yang berbeda-beda. Lokasi penelitian akan dilakukan di Kabupaten Sumbawa. Pemilihan lokasi penelitian didasarkan pada pertimbangan bahwa lokasi atau tempat tersebut memungkinkan untuk memperoleh data atau informasi yang relevan dan akurat. Hasil dari penelitian ini, ada pengaruh positif dan tidak signifikan secara parsial penerimaan pajak restoran terhadap pengaruh pelaksanaan festival moyo terhadap peningkatan Pendapatan Asli Daerah di Kabupaten Sumbawa Tahun 2013-2017. Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 Pasal 1 angka 22 dan 23, pajak restoran adalah pajak atas pelayanan yang disediakan oleh restoran.
PENGUKURAN KINERJA LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH BMT AS-SALAM DENGAN MENGGUNAKAN METODE BALANCED SCORECARD Utami, Budi
Bisman (Bisnis dan Manajemen): The Journal of Business and Management Vol 2 No 1 (2019): Februari 2019
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Majapahit, Jawa Timur, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (738.046 KB)

Abstract

Selama ini pengukuran kinerja keuangan yang umum dipergunakan dalam lembaga keuangan adalah pengukuran kinerja keuangan. Pengukuran kinerja dengan sistem ini menyebabkan orientasi lembaga keuangan hanya pada keuntungan jangka pendek dan cenderung mengabaikan kelangsungan hidup lembaga keuangan dalam jangka panjang. Pengukuran kinerja keuangan saja dipandang tidak lagi memadai, sehingga dikembangkan suatu konsep â??Balanced Scorecard.â? Pengukuran kinerja dengan metode ini meliputi pengukuran dari perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses internal bisnis, perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kinerja BMT â??As-Salamâ?  dilihat dari perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses internal bisnis, perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja lembaga BMT â??As-Salamâ? dalam perspektif keuangan, pencapaian ROI 218.67% , rasio operasi 2.24%  dan nilai profit margin 11.77%. Hasil pengukuran perspektif pelanggan, tingkat kepuasan anggota  83.20%, profitabilitas konsumen 88.22%.  Hasil pengukuran perspektif proses internal bisnis, tidak satupun yang bisa memenuhi target yang telah ditetapkan. Hasil pengukuran perspektif pembelajaran dan pertumbuhan, pada produktifitas karyawan yang belum bisa memenuhi target sedangkan retensi karyawan dan kepuasan karyawan sudah melampaui dari target yang telah ditetapkan.

Page 1 of 1 | Total Record : 7